Sukabet.org – Spanyol telah meraih prestasi yang hebat dalam beberapa tahun ini. Dimulai dari meraih juara piala Eropa 2008 dan dilanjutkan dengan juara dunia 2010.

Spanyol pun diakui sebagai tim nomor satu di dunia saat ini, Dan amat ditakuti lawan-lawannya. Spanyol pun kembali dijagokan akan mempertahankan gelar piala Eropa tahun depan yang digelar di Polandia dan Ukraina.

Namun menurut mantan pelatih tim nasional Jerman, Berti Vogts. Spanyol akan mengalami kesulitan untuk mempertahankan gelar. Vogts menilai semangat untuk meraih gelar agaknya telah luntur, Karena Spanyol telah memenangkan segalanya.

“Spanyol tidak akan mempertahankan gelar. Jika anda telah memenangkan gelar, maka anda akan kehilangan gairah dua hingga tiga persen untuk mempertahankannya,” ujar Vogts saat diwawancarai Kickers.

Vogts adalah pelatih Jerman selama delapan tahun antara 1990 dan 1998. DI tangannya, Der Panzer sukses meraih gelar Piala Eropa 1996. Sayangnya gelar tersebut merupakan gelar terakhir yang diraih Jerman hingga saat ini. Namun Vogts yakin puasa gelar Jerman akan berakhir di Piala Eropa 2012 mendatang.

Menurutnya, Jerman di bawah asuhan Joachim Loew mempunyai kans besar merebut gelar juara dari tangan Spanyol. “Yang pasti, Jerman dapat bersaing. Saat ini kami (Jerman) memiliki tim terbaik di dunia. Tapi tentu itu harus dibuktikan dengan meraih kemenangan,” ujarnya.

Comments are closed.