Jakarta – Tahukah Anda bahwa manajer, Manchester united, Sir Alex Ferguson pernah memberikan sanksi kepada seorang pemainnya cuma karena menyalip dia di jalanan umum? Apa lagi sanksi-sanksi “konyol” yang pernah dialami pesepakbola profesional di Inggris?

Tentang Fergie, cerita itu terjadi saat bos Manchester United itu masih menjadi manajer klub Skotlandia, Aberdeen. Ia mendenda seorang pemainnya, John Hewitt, lantaran mendahului kendaraan dia di sebuah jalanan.

Dilansir Guardian, manajer lain yang pernah mendenda pemainnya karena alasan yang “lebay” adalah Brian Clough. Salah satu manajer top dalam sejarah Liga Inggris itu menghukum Kenny Burns karena mempermainkan bola di depan kotak penalti timnya sendiri, dan itu dianggap membahayakan.

Mantan bintang internasional Wales, Robbie Savage, juga pernah dipangkas gajinya sebanyak dua minggu karena menggunakan toilet wasit Graham Poll di sebuah pertandingan di tahun 2002.

Sir Alex juga pernah menjatuhkan sanksi denda kepada Cristiano Ronaldo di tahun 2008 karena anak buahnya itu ber-SMS-an dalam sesi latihan. Kala itu gaji Ronaldo dipotong sebesar 8.000 poundsterling.

Yang tak kalah unik adalah pengalaman bek Ipswich Town, Damien Delaney, pada April lalu. Ia melanggar peraturan lalu lintas dengan memacu mobilnya dengan kecepatan sedikit melebihi batas. Alasannya? Dia takut dihukum manajernya, Roy Keane, kalau datang terlambat ke tempat latihan.

“Aku punya bos yang suka tak terima alasan apapun. Makanya aku cemas gaji mingguanku akan dipotong dua kali,” ungkap Delaney kala itu.

Delaney pada akhirnya tidak terlambat ke tempat berlatih dan terbebas dari potensi dihukum bosnya. Tapi dia tetap dihukum oleh pengadilan, termasuk didenda 235 poundsterling — tapi itu tergolong kecil dibandingkan jika kehilangan gaji dua minggu.

Comments are closed.