Sukabet.org – Barcelona dipuja karena berhasil menelurkan banyak pemain berbakat melalui akademi La Masia. Xavi, Iniesta, Busquets, Lionel Messi, Puyol, Pique, Fabregas, Pedro, Isaac Cuenca, Thiago Alcantara tercatat merupakan pemain hasil didikan Barcelona yang cemerlang.

Alhasil prestasi diraih oleh Barca melalui pemain-pemain tersebut. Permainan apik Barca disebut tak lepas dari solidnya skuad dan betapa pahamnya pemain-pemain binaan klub mengaplikasikan filosofi klub dalam permainan.

Hasilnya, tiga gelar La Liga dan dua gelar Liga Champions sejak tahun 2009 berhasil mereka raih. Trofi-trofi itu pun masih ditambah dengan dua gelar Kejuaraan Dunia Antarklub.

Bayern, yang belakangan juga banyak memasukkan para pemain didikan mereka ke tim utama, mengklaim jika didikan mereka sama bagusnya. Presiden Bayern, Uli Hoeness, menyebut bahwa nama-nama seperti Thomas Mueller, Toni Kroos, dan David Alaba punya potensi untuk mengangkat klub, sama seperti yang dilakukan Iniesta dkk. di Barca.

“Orang-orang hanya berbicara soal Barcelona dan talenta muda mereka. Tapi, kami juga tidak buruk,” ujar Hoeness kepada DPA.

“Lihat saja tim kami saat ini: (Bastian) Schweinsteiger, (Philipp) Lahm, Mueller, (Holger) Badstuber, Kroos, dan Alaba,” lanjutnya.

Mueller telah menunjukkan bahwa dirinya pemain depan jempolan sejak musim 2009/10 dan pada Piala Dunia 2010 lalu. Sementara kini, giliran Kroos yang unjuk kebolehan sebagai salah satu gelandang serang terbaik di Bundesliga.

“Kroos telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Jika Anda ingin mengejar Barca, Anda butuh pemain seperti dia,” tukas Hoeness.

Comments are closed.