Jakarta – Malam ini Kualifikasi Piala Eropa 2012 sampai pada matchday terakhir. Masih ada empat tiket lolos langsung tersedia serta satu tiket lolos langsung sebagai runner up terbaik. Siapa dapat tiket-tiket tersebut?

Inggris menjadi negara terakhir yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2012 usai diimbangi Montenegro akhir pekan lalu. Bersama dua negara tuan rumah (Polandia dan Ukraina), total sudah ada tujuh tim yang masuk final (Spanyol, Jerman, Italia dan Belanda).

Malam ini akan ada lima tiket lolos langsung bisa diraih pada kontestan babak kualifikasi, dengan empat di antaranya diperuntukkan bagi juara grup.

Salah satu yang belum memunculkan juara grup adalah Grup B. Saat ini Rusia berada di posisi teratas dengan poin 20, unggul dua angka atas Republik Irlandia dan memimpin tiga poin atas Armenia.

Dengan tinggal menjamu Andorra (penghuni juru kunci) di pertandingan pamungkasnya, Rusia dijagokan bisa dapat tiket lolos langsung tersebut.

Persaingan sengit juga masih terjadi di Grup D, di mana Prancis berada di posisi teratas dengan poin 20 sementara Bosnia dan Herzegovina menguntit di bawahnya dengan 19 angka dimiliki. Dan duel hidup mati akan tersaji di grup ini karena di Stade de France, Le Bleus akan menjamu Bosnia dan Herzegovina. Pemenang laga ini dipastikan lolos langsung ke final.

Duel lain untuk memperebutkan satu tiket langsung terjadi di Grup F, yang melibatkan Yunani (21 poin) dan Kroasia (19). Siapa yang bakal dapat tiket langsung di grup ini masih sulit diprediksi lantaran Yunani masih harus melawat ke Georgia sementara Kroasia akan menjamu Latvia.

Duel hidup-mati juga akan tersaji di Grup H, saat Denmark menjamu Portugal. Sementara ini hanya perbedaan selisi gol yang membuat Portugal lebih unggul dari Denmark di puncak klasemen, dengan keduanya telah mengumpulkan 16 poin.

Sementara satu tiket terakhir lolos langsung akan menjadi tim yang berstatus posisi dua terbaik. Tim berposisi nomor dua terbaik dipilih berdasarkan hasil pertandingan menghadapi tim lain yang berada di posisi satu sampai lima pada grupnya masing-masing.

Sementara ini, Denmark berada di posisi teratas untuk bisa lolos dengan status runner up terbaik, tentunya jika mereka tidak lolos langsung.

Sementara mereka yang berstatus runner up di masing-masing grup akan diundi kemudian diadu kembali untuk merebut tiket terakhir ke Piala Eropa 2012 lewat jalur playoff.

Comments are closed.