Liverpool – Manchester United pekan ini mendapat ujian yang teramat berat akhir pekan ini. Pasalnya “Setan Merah” akan bertandang ke markas Liverpool.

Permainan MU di awal musim ini bisa di katakan cukuplah baik terlebih saat ini posisinya sebagai pemimpin klasmen sementara Liga Inggris. Tujuh pertandingan awal, mereka menang enam kali dan seri sekali. The Red Devils juga jadi tim paling produktif karena sudah 24 kali menjebol gawang lawan.

Sementara itu, Liverpool agak tersendat pada awal musim. Meski sudah jor-joran di bursa transfer, The Reds sudah dua kali kalah dalam tujuh pertandingan dan saat ini bertengger di peringkat kelima klasemen sementara.

Namun, posisi di papan klasemen tak akan terlalu berpengaruh saat Liverpool dan MU bertemu di Anfield, Sabtu (15/10/1011). Duel antara dua pengoleksi trofi terbanyak Liga Inggris ini adalah pertaruhan gengsi dan harga diri. Kedua kubu punya sejarah rivalitas panjang dan mendalam.

Sepanjang sejarah, MU dan Liverpool sudah bertemu 154 kali di semua kompetisi. ‘Setan Merah’ tercatat menang 59 kali, kalah 52 kali, dan sisanya berakhir imbang.

Meski statistik di atas masih memihak mereka, pasukan Sir Alex Ferguson tetap wajib waspada penuh. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, mereka selalu takluk saat berkunjung ke Anfield.

Terakhir kali MU bisa membawa pulang poin dari Anfield adalah pada 16 Desember 2007 lewat kemenangan tipis 1-0. Setelah itu, mereka selalu kalah dalam tiga musim terakhir, masing-masing dengan skor 1-2, 0-2, dan 1-3.

Meski tidak mudah, MU tetap wajib memburu poin penuh atas The Kop. Kehilangan poin di Anfield jelas akan membahayakan posisi mereka di puncak klasemen.

Manchester City, yang ada di peringkat kedua dan punya poin sama dengan MU, berpeluang besar merebut poin sempurna pada akhir pekan ini. The Citizens “cuma” akan menghadapi Aston Villa di Etihad Stadium.

Sementara itu, Chelsea yang ada di peringkat ketiga akan meladeni Everton di kandang sendiri. Ada pun Arsenal yang tengah terpuruk di papan bawah akan menjamu Sunderland.

Comments are closed.