Manchester – Pekan pertandingan David de Gea bersama Manchester United tampak berjalan kurang baik. Dia juga sampai saat ini masih di terpa sejumlah kritik dari para fans dan media. Tetapi de Gea mengaku tidak ambil negatif, menurutnya kritik itu sebuah kewajaran.

Memang awal mulai kariernya di MU, de Gea sudah kebanjiran sejumlah kritikan pedas, banyak yang beranggapan bahwa dia tidak pernah sigap dalam menjaga gawang. Terkait waktu kebobolan atas Manchester City di Community Shield, meski MU tetap memenangi laga tersebut.

Kondisi serupa terjadi saat menghadapi Wes Bromwich Albion, di mana MU menang 2-1. Tak mengherankan kalau kiper asal Spanyol itu kemudian dapat kritik dari media Inggris yang memang terkenal keras. Apalagi De Gea diboyong dari Atletico Madrid dengan harga mahal.

Namun De Gea ternyata tidak terlalu merisaukan pemberitaan negatif media Inggris terhadap dirinya. Kritik disebut pesepakbola 20 tahun tersebut adalah hal yang lumrah dan harus bisa diterima. Apalagi dia tak menyangkal telah melakukan kesalahan.

“Tidak. Saya merasa biasa saja. Saat Anda melakukan kesalahan, bahkan hanya sedikit, media punya hak untuk mengkritik. Terlebih saat Anda seorang penjaga gawang, yang akan jadi sorotan selamanya,” sahut De Gea dalam wawancaranya dengan AS.

“Apa yang terjadi adalah sesuatu yang normal. Sekarang semua tergantung saya untuk mengubah pandangan negatif tersebut menjadi pujian,” lanjut De Gea.

Dua pekan lalu De Gea mulai menunjukkan kenapa MU tak rugi membelinya mahal-mahal dari Atletico. Saat membantu The Red Devils menghantam Arsenal 8-2, dia membuat penyelamatan gemilang saat menghalau eksekusi penalti Robin van Persie.

Belakangan dia juga dapat dukungan dari Sir Alex Ferguson. Hal mana membuat De Gea bertekad terus memperbaiki performanya dari waktu ke waktu.

“Terus berkembang di setiap latihan dan pertandngan, tapi yang terutama tetap percaya diri pada kemampuan saya sendiri yang bisa membantu tim ini meraih tujuannya.

“Saya dikelilingi oleh orang-orang yang hebat dan itu berarti kami bisa melakukan hal yang hebat tahun ini. Kami harus yakin dan berharap bisa melakukannya. Hanya dengan begitu saya akan berkembang sebagai kiper dan punya kepercayaan diri untuk menjadi pemain kunci,” tuntas De Gea.

Comments are closed.