Jakarta – Selain persaingan Manchester City dan Manchester United yang belum terkalahkan, pekan ke-7 Liga Primer Inggris juga akan diwarnai dengan derby-derby sengit lain.

Goodison Park markas Everton menjadi pentas derby pertama dengan mengetengahkan duel antara tuan rumah Everton dengan Liverpool, Sabtu (1/10/2011). Tajuknya adalah derby Merseyside.

Musim lalu, Liverpool sama sekali tidak berhasil memetik kemenangan atas Everton. Setelah menang 2-0 di Goodison Park, Everton berhasil menahan imbang Liverpool 2-2 di pertemuan berikutnya.

Akan tetapi, pada musim 2009-2010 justru Liverpool yang boleh menepuk dada dengan dua kemenangan atas Everton di Liga Primer. Inilah sedikit gambaran betapa duel nanti akan berjalan ekstra alot.

Di White Hart Lane, Senin (3/10/2011) dinihari WIB, derby lain akan berlangsung. Namanya adalah derby London Utara yang mengetengahkan pertarungan antara Tottenham Hotspur lawan Arsenal.

Seperti derby Merseyside, duel Spurs versus Arsenal juga acap berjalan sangat sengit. Dari tiga pertemuan musim lalu saja, termasuk satu partai Piala Carling, Spurs dan Arsenal masing-masing dapat satu kemenangan, satu kekalahan dan satu hasil imbang.

Untuk laga itu Spurs mesti mewaspadai benar kebangkitan Arsenal yang sudah memenangi tiga partai terakhirnya–Piala Carling, Liga Primer dan Liga Champions–setelah awal buruk.

Spurs sendiri kurang diuntungkan karena, Jumat (30/9/2011) dinihari WIB, masih harus melakoni partai Liga Europa. Ini membuat kondisi kebugaran para punggawa The Gunners niscaya lebih bugar ketimbang anak-anak Lily Whites.

Selain dua derby itu, sorotan sudah pasti diarahkan ke persaingan duo Manchester di pucuk klasemen. MU dan City masih belum terkalahkan dan akan diuji ketangguhannya saat MU harus menjamu Norwich dan City mesti menghadapi Blackburn Rovers.

Laga-laga itu bisa menjadi ajang kebangkitan untuk MU dan City pasca hasil kurang memuaskan di Liga Champions; MU diimbangi Basel 3-3 di kandang sendiri sedangkan City kalah 0-2 dari Bayern Munich.

Chelsea yang menempati posisi tiga klasemen punya peluang bergabung dengan MU dan City di pucuk klasemen, jika kedua klub kota Manchester itu keok pekan ini. Dengan selisih tiga angka dari MU dan City, Chelsea akan bertamu ke markas Bolton Wanderers.

Liga Inggris Pekan Ini

Everton vs Liverpool
Aston Villa vs Wigan Athletic
Blackburn R. vs Manchester C.
Manchester U. vs Norwich C.
Sunderland vs West Bromwich A.
Wolverhampton W. vs Newcastle U.
Bolton W. vs Chelsea
Fulham vs Queens Park R.
Swansea C. vs Stoke C.
Tottenham H. vs Arsenal

Comments are closed.