Sukabet.org – Basel berhak lolos ke babak 16 besar liga Champion, Setelah dalam laga penentuan grup C berhasil menekuk tamunya, Manchester United, Dengan skor 2-1 hari kamis (8/12).

Kendati hanya membutuhkan hasil imbang, United tetap bermain terbuka. Namun Basel mampu mengimbangi permainan United. Basel unggul cepat di menit ke-9 melalui Streller. Umpan silang dari Shaqiri mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Streller.

MU punya peluang di menit 30 ketika crossing Nani menemui Park Ji Sung di depan mulut gawang. Sayang Park kurang keseimbangan dan gagal menendang bola dengan baik, sehingga mudah saja diamankan Yann Sommer.

MU terus menekan pertahanan Basel. Tetapi, usaha dari Nemanja Vidic dkk harus berakhir sia-sia karena permainan disiplin dari pemain Basel. justru petaka yang mereka dapat karena sang kapten, Nemanja Vidic harus ditarik keluar karena mengalami cedera pada menit ke-44. Hasilnya, hingga akhir babak pertama skor 1-0 untuk Basel tak berubah.

Di menit 59, pemain belakang Basel, Markus Steinhoefer, nyaris membobol gawangnya sendiri saat salah mengantisipasi umpan Nani dari sayap kanan. Untung bola hanya membentur mistar gawang.

MU terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Tetapi upaya mereka selalu terganjal dengan tangguhnya lini pertahanan tuan rumah. Melihat lini depannya kurang tajam, Ferguson memasukkan tenaga baru Federico Macheda untuk menggantikan Park Ji Sung.

Di saat berusaha untuk menyamakan kedudukan, MU harus menelan pil pahit setelah Alexander Frei mencetak gol kedua Basel. Menerima umpan dari Shaqiri, Frei yang lolos dari pengamatan bek MU menundukkan De Gea dengan tandukkannya.

Jones menghidupkan asa MU untuk lolos di menit 89 ketika menyundul bola hasil kemelut di depan gawang. Bola memang sempat ditangkap Sommar tapi sudah melewati garis gawang lebih dulu.

Skor 2-1 pun bertahan hingga laga usai dan Basel lolos ke babak 16 besar, MU pun tersingkir.

Susunan pemain

Basel: Yann Sommer, Aleksandar Dragovic, David Angel Abraham, Joo-Ho Park, Markus Steinhofer, Granit Xhaka (Scott Chipperfield 83), Cabral, Fabian Frei, Xherdan Shaqiri (Valentin Stocker 92), Marco Streller, Alexander Frei (Genseric Kusunga 88)
Man-United: David De Gea, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic (Jonathan Evans 44), Patrice Evra, Chris Smalling, Ryan Giggs, Phil Jones, Nani, Park Ji-Sung (Federico Macheda 82), Wayne Rooney, Ashley Young (Danny Welbeck 65)

Comments are closed.